Monday, February 17, 2014

RENUNGAN: TRIK PERKULIAHAN MENJADI MENARIK

Sebagai seorang pengajar kadang banyak aku temui para mahasiswa yang semangat, enerjik, rajin, acuh tak acuh bahkan tidak merespon sama sekali atas materi pelajaran yang disampaikan dalam perkuliahan. Menjumpai mahasiswa yang rajin, semangat kadang kita sebagai seorang pengajar ikut senang dan lebih semangat dalam menyampaikan materi-materi perkuliahan. Sehingga seorang
Mahasiswa Rajin dan Semangat
pengajar juga akan lebih semangat dan pembahasan materi perkuliahanpun akan semakin berkembang dengan berbagai ide dan cara dengan banyak disinggung masalah-masalah yang terjadi di dunia kerja. Kebalikan dengan hal diatas, kadang dalam pemaparan materi perkuliahan bikin jenuh dan membosankan bilamana kita temui banyak mahasiswa acuh tak acuh, tidak respon bahkan terkesan tidak mau tahu apa yang dibicarakan dalam perkuliahaan. Target materi kuliah yang harus selesai dengan waktu yang telah ditentukan kadang kita akhirnya juga sedikit masa bodoh bilamana berbagai cara untuk membuat perkuliahan menarik tapi tidak direspon dengan baik oleh mahasiswa. Rata-rata dari pengalaman penulis yang sering dialami di dalam kelas notabene adalah mahasiswa yang masih fresh dan mereka belum banyak mengalami bagaimana nanti susahnya bersaing dalam dunia kerja yang kian ketat. Marah dan emosi bukan satu jalan yang baik untuk memaksa mahasiswa
Dosen Killer
lebih kreatif. Dunia modern dengan berbagai kemudahan dalam berinteraksi maupun komunikasi sudah tidak model lagi dengan penerapan penekanan yang lebih bagi mahasiswa supaya mau mengerti dan memahami suatu materi kuliah. Apalagi tingkat persaingan yang sangat tinggi dalam memperoleh dan merebut simpati calon mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi, kadang mahasiswa diberikan suatu wewenang untuk memilih dosen dan mereka boleh komplain kalau dosen tidak sesuai dengan selera mahasiswa. Sebagai seorang pengajar haruslah pintar dan bijak dalam menghadapi tingkah laku mahasiswa yang kurang respon dalam penerimaan materi perkuliahan. Beberapa tip supaya materi kuliah dapat menarik.
Sebelum Menyampaikan Materi :
  1. Pelajarilah kembali materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman atau point-point penting pada materi tersebut, karena mungkin anda banyak mengajar mata pelajaran lainnya maka terkadang sudah agak lupa dengan materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap. 
  2. Buatlah diktat atau rangkuman yang dapat di fotocopy atau disalin oleh siswa, sehingga kita tidak perlu merujuk banyak buku kepada siswa. Hal ini juga memudahkan siswa sehingga ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan, buatlah rangkuman rumus kepada siswa.
  3. Siapkan soal-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan, sedang, dan susah. Rangkum semua soal tersebut dalam satu buku atau file dan buat memo disetiap soal tersebut. Memo ini dibuat agar anda tahu kapan anda pernah memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga soal yang sudah diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya. 
  4. Milikilah absen siswa anda, dan buatlah tabel nilai dan presentase kemajuan siswa. Hal ini berguna agar anda dapat mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan baik oleh siswa dan siswa mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak jatuh. 

Materi Kuliah Menjadi Menarik
Saat di Kelas :
Mahasiswa Lebih Kreatif
Evaluasi Mengajar
  1. Buatlah suasana yang menarik dan tidak membosankan, untuk itu anda harus banyak latihan agar cara berbicara, sikap, dan metode ajar anda dapat diterima dengan baik oleh siswa. Menjadi guru yang garang dan terlalu disiplin terkadang akan membentuk siswa yang keras juga, untuk itu buatlah siswa takut karena hormat kepada anda dan bukan takut karena hukuman anda. Pernah ada siswa yang sangat nakal, namun ia justru malu dan takut dengan salah satu guru yang sangat dihormatinya. Berikan perhatian anda dengan penuh kasih sayang, bukan mencari kesalahan mereka. 
  2. Buatlah quiz di awal dan akhir penyampaian materi, bila waktu tidak memungkinkan lakukan hanya di akhir materi bukan diawalnya… hal ini dapat menjadi indikator apakah materi yang telah disampaikan sudah diterima dengan baik oleh siswa. Saya banyak mengalami quiz dilakukan hanya di awal materi, hal ini hanya membuang waktu dan tidak efisien karena secara logika tentunya siswa belum mengetahui materi yang akan disampaikan. Kalo soal quiznya materi hari kemaren itu namanya ulangan… jadi perlu bedakan antara quiz dengan ulangan yach… 
  3. Sampaikan materi dengan menyampaikan point-point pentingnya saja, jangan terlalu banyak bertele-tele atau terlalu banyak bercerita yang bukan dalam ruang lingkup materi anda. Untuk materi eksak, perbanyaklah contoh soal… sampaikan perlahan dan buat agar siswa juga sama2 ikut berfikir. 
  4. Lakukan sistem ajar yang lebih interaktif berupa tanya jawab, pancinglah siswa agar banyak bertanya. Selain itu ada juga perlunya anda bersenda gurau disela-sela penyampaian materi agar tidak terlalu tegang. 
  5. Pekerjaan Rumah (PR) dapat anda berikan setiap akhir penyampaian materi, namun bila ternyata itu tidak efektif misalnya banyak yang tidak mengerjakan atau ternyata banyak yang saling mencontek pekerjaan teman2nya sebaiknya metode PR nya anda ubah misal dengan beda soal tiap siswa atau cara lainnya. 
  6. Anda perlu melakukan evaluasi terhadap cara anda mengajar, ini bisa dilakukan dengan memberikan questioner pada siswa terhadap cara mengajar anda. 
  7. Anda juga dapat melakukan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu persatu dan mahasiswa langsung menjawab.

Sebelum Menyampaikan Materi : Pelajarilah kembali materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman atau point-point penting pada materi tersebut, karena mungkin anda banyak mengajar mata pelajaran lainnya maka terkadang sudah agak lupa dengan materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap. Buatlah diktat atau rangkuman yang dapat di fotocopy atau disalin oleh siswa, sehingga kita tidak perlu merujuk banyak buku kepada siswa. Hal ini juga memudahkan siswa sehingga ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan, buatlah rangkuman rumus kepada siswa. Siapkan soal-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan, sedang, dan susah. Rangkum semua soal tersebut dalam satu buku atau file dan buat memo disetiap soal tersebut… memo ini dibuat agar anda tahu kapan anda pernah memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga soal yang sudah diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya. Milikilah absen siswa anda, dan buatlah tabel nilai dan presentase kemajuan siswa. Hal ini berguna agar anda dapat mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan baik oleh siswa dan siswa mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak jatuh. .... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/06/teknik-mengajar-yang-baik.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Sebelum Menyampaikan Materi : Pelajarilah kembali materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman atau point-point penting pada materi tersebut, karena mungkin anda banyak mengajar mata pelajaran lainnya maka terkadang sudah agak lupa dengan materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap. Buatlah diktat atau rangkuman yang dapat di fotocopy atau disalin oleh siswa, sehingga kita tidak perlu merujuk banyak buku kepada siswa. Hal ini juga memudahkan siswa sehingga ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan, buatlah rangkuman rumus kepada siswa. Siapkan soal-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan, sedang, dan susah. Rangkum semua soal tersebut dalam satu buku atau file dan buat memo disetiap soal tersebut… memo ini dibuat agar anda tahu kapan anda pernah memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga soal yang sudah diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya. Milikilah absen siswa anda, dan buatlah tabel nilai dan presentase kemajuan siswa. Hal ini berguna agar anda dapat mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan baik oleh siswa dan siswa mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak jatuh. .... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/06/teknik-mengajar-yang-baik.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

No comments:

Post a Comment