Wednesday, January 8, 2014

RENUNGAN : SING DOWO USUSMU YO LE...!!!

Konflik
Kata-kata itu sering aku dengar saat masih kecil di kampung dulu. Kata-kata tersebut sering keluar dari embah-embah atau orang tua kita kalau memberikan nasehat kepada anaknya yang beranjak dewasa atau telah dewasa yang mengalami masalah (konflik baik dengan family sendiri maupun kepada orang lain), tapi orang tua kita atau embah-embah kita tau kalau kita di posisi yang benar, dan lawan konflik kita tidak mau mengalah. "Sing dowo ususmu yo le, ojo diteruske.... (kurang lebih artinya: berbesar hati saja, permasalahan tidak usah diperpanjang...).
Kita semua tidak bisa menghindar dari apa itu namanya konflik. Konflik ibarat kematian, sesuatu yang tidak bisa dihindari. Kapanpun, dimanapun berada. Kadang kita dengar ada suatu keluarga sering berantem dengan alasan yang mungkin kita tidak tau. Kita kadang juga lihat berita infotaiment di televisi, dimana konflik antar temen, keluarga, rekan kerja dikupas tuntas oleh para penyedia informasi tanpa memperhatikan etika dan privasi keluarga.
Sabar Saat Menghadapi Konflik
Jadi jelaslah bahwa konflik itu ada dan selalu berada disekitar kita. Kita memang selalu berusaha bagaimana kita menghindari konflik itu. Cara terbaik untuk menghindari konflik adalah:
  1. Jangan berasumsi buruk;
  2. Menempatkan diri di posisi orang lain;
  3. Membentuk kata sepakat;
  4. Menerima orang lain apa adanya;
  5. Mengkritik dengan bijaksana. 
Beberapa tip menghindari konflik diatas merupakan sumber dari beberapa tulisan yang diiktisarkan. Seperti kita sampaikan dalam awal tulisan ini bahwa konflik memang tidak bisa dihindari, karena berbagai hal, kadang memang dari lawan konflik kita atau malah kita sendiri yang sebenarnya baru banyak tekanan sehingga informasi atau kata-kata yang biasanya kita denger biasa-biasa saja, tapi karena suasana hati sedang tidak fit maka timbullah apa yang namanya konflik tersebut.
Nasehat Ortu Saat Anak Menghadapi Konflik
Baru-baru ini saya dapat nasehat dari pimpinan di kantor yang tidak jauh dari yang saya dengar dari orang-orang tua dulu saat menyabarkan seseorang yang sedang menghadapi konflik : KAMU YANG LEBIH MUDA HARUS BERBESAR HATI, JANGAN MEMPERPANJANG MASALAH..... 

No comments:

Post a Comment